browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pendidikan untuk melahirkan generasi baru

Posted by on March 6, 2013

Oleh: Mochtar Buchori

Ketika gerakan reformasi merebak pada tahun 1997-’98, seluruh rakyat Indonesia berharap agar segera terjadi perubahan-perubahan yang berarti dalam kahidupan mereka. Lima tahun setelah reformasi berjalan, dan kehidupan rakyat ternyata tidak juga bertambah baik, mulailah terdengar pendapat, bahwa Indonesia harus melahirkan “generasi baru” untuk dapat keluar dari berbagai jenis krisis yang melilit dirinya selama ini.

Suara ini makin lama kedengaran makin lantang, dan bahkan ada yang melontarkan pendapat, bahwa bila perlu Indonesia harus berani melakukan “loncatan generasional”. Artinya, Indonesia harus berani “mengorbankan” suatu generasi, yaitu mengabaikan sepenuhnya generasi tadi, tidak usah memperhitungkannya dalam penyusunan dan pengembangan kekuatan baru dalam kehidupan bangsa. Apakah gagasan-gagasan di atas cukup sehat, cukup realistik, dan dapat dilaksanakan?

Lebih lengkap baca disini

Comments are closed.